Pembinaan Agen Statistik untuk Pojok Statistik
Politeknik Pertanian Ngeri Payakumbuh (Politani) terus dilakukan, untuk
memastikan bahwa standar pelayanan BPS telah hadir di Pojok Statistik Politani.
BPS Kabupaten Lima Puluh Kota menyadari ini tidak bisa kita lakukan dengan
setengah hati. Kepala BPS Kabupaten Lima Puluh Kota Yudi Yos Elvin S.Si,
M.Si menginstruksikan kepada Jajarannya bahwa kita harus All Out dan
totalitas dalam melayani konsumen data di pojok statistik dengan tidak
menurunkan kualitas pelayanan seperti halnya Pelayanan di Pelayanan Statistik
Terpadu (PST) BPS.
Untuk mengkongkritkan perintah pimpinan
tersebut, Pada tanggal 27 hingga 29 Desember 2023 kemarin, BPS Kabupaten Lima
Puluh Kota Kembali mengundang para Agen Statistik untuk di bina dan dipaparkan
materi standar pelayanan statistik gelombang ke II seperti yang telah dilakukan
pada pembinaan sebelumnya, hanya saja berbeda dalam segi materi. jika pada
gelombang pertama difokuskan pada materi pengenalan pojok statistik, sedangkan
pada gelombang kedua materinya sudah fokus pada jenis-jenis pelayanan, teknis pelayanan dan
materi kreatifitas agen statistik.
dikarena keterbatasan tempat di kantor BPS
Kabupaten Lima Puluh kota dan mengingat pentingnya acara tersebut, kegiatan yang
diketuai oleh Drs Rinaldi, M.Si tersebut membutuhkan suasana yang kondusif dan mendukung
akan efektif efesiennya dalam penyerapan materi , karena sepuluh agen statistik tersebut harus siap dan mesti mulai beraksi melakukan pelayanan pada awal
tahun 2024 yang sudah di depan mata.
Kegiatan yang lakukan di Hotel Grand Gallery
Bukittinggi tersebut dihadiri oleh 28 orang, diantaranya 10 orang peserta dari
agen statistik, 2 orang koordinator agen statistik dari Politani, 2 orang
narusumber dari BPS Kabupaten Lima Puluh Kota, 1 orang narasumber pejabat
statistisi madya BPS Provinsi Sumatera Barat. Dan 13 orang Organik BPS yang juga
akan ditugaskan di Pojok Statistik Nantinya. Kegiatan tersebut dilakukan selama
dua hari efektif, yang mana kegiatan ini diharapkan dapat menuai hasil yang
menghadirkan pelayanan yang sesuai harapan dan sesuai standar pelayanan PST
seperti ekspektasi pimpinan BPS. (harrya)