Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English French German Japanese
Headline
" SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI BPS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA "

Seksi Statistik Sosial

 

c-Amrin

Kasi Statistik Sosial

 Nama : AMRIN MA"ARIN, SE
 NIP : 19600929 198301 1 001
 Pangkat/Gol : Penata Tk. I / IIId
 Alamat : Perum Bonai Kel. Koto Tangah - Kota Payakumbuh
 No Telp/HP :
 E-mail :

 

f-Lidya

Staf Statistik Sosial

 Nama : MAULIDYA HARAHAP, S.Si
 NIP : 19820108 200502 2 001
 Pangkat/Gol : Penata Muda / IIIa
 Alamat : Kec. Akabiluru - Kabupaten Lima Puluh Kota
 No Telp/HP :
 E-mail :

 

Seksi statistik Sosial merupakan salah satu seksi yang ada di BPS Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk Kabupaten Lima Puluh Kota ini seksi statistik Sosial mempunyai tugas melaksanakan semua pengumpulan data yang berkaitan dengan seksi Sosial yang biasanya sebagian besar kegiatan tersebut telah dialokasikan oleh BPS Pusat.

Seksi statistik Sosial di Kabupaten Lima Puluh Kota dipegang oleh 1 orang kepala seksi

Uraian tugas dari seksi statistik Sosial adalah :

1. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)

Susenas ini merupakan kegiatan pengumpulan data yang menyangkut bidang pendidikan, kesehatan/gizi, perumahan, kegiatan sosial budaya, konsumsi/pengeluaran dan pendapatan rumahtangga, perjalanan dan data sosial ekonomi lainnya. Sejak tahun 1992, BPS melalui Susenas mengumpulkan data kor (data dasar) dan data modul (data sasaran) setiap tahunnya. Data modul dikumpulkan secara bergiliran setiap 3 tahun sekali. Modul Susenas ini dibagi atas 3 kelompok besar, yaitu modul social budaya dan pendidikan, perumahan dan kesehatan serta modul konsumsi dan pengeluaran rumahtangga.

Tujuan pengumpulan data Susenas ini adalah :

  1. Tersedianya data pokok tentang kesejahteraan masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi keberhasilan pembangunan
  2. Tersedianya data rinci tentang kesejahteraan anggota rumahtangga seperti pendidikan, kesehatan, fertilitas/KB, dan data kependudukan menurut golongan umur, jenis kelamin dan status perkawinan.

Mulai Tahun 2011 Susenas dilaksanakan secara triwulanan yaitu Triwulan I bulan Maret 2011, Triwulan II bulan Juni 2011, Triwulan III bulan September 2011 dan Triwulan IV bulan Desember 2011.Secara garis besar, kegiatan lapangan Susenas ini mencakup kegiatan listing dan pencacahan rumahtangga, dimana para petugas yang telah dilatih sebelumnya langsung turun kelapangan melaksanakan pencacahan ke rumahtangga-rumahtangga terpilih.

2. Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas)

Sakernas merupakan survey khusus untuk mengumpulkan data yang dapat menggambarkan keadaan umum ketenagakerjaan antar periode pencacahan. Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan setiap tahun. Secara khusus, untuk memperoleh informasi data jumlah penduduk yang bekerja, dan jumlah pengangguran.

Mulai Tahun 2011 Sakernas dilaksanakan secara triwulanan yaitu Triwulan I bulan Februari 2011, Triwulan II bulan Mei 2011, Triwulan III bulan Agustus 2011 dan Triwulan IV bulan Nopember 2011.

Secara garis besar, kegiatan lapangan Sakernas ini mencakup kegiatan listing dan pencacahan rumahtangga, dimana para petugas yang telah dilatih sebelumnya langsung turun kelapangan melaksanakan pencacahan ke rumahtangga-rumahtangga terpilih.

3. Survei Upah

Tujuan utama diselenggarakannya Survei Upah adalah untuk mendapatkan informasi/data statistik upah yang berkesinambungan, untuk penyempurnaan kebijakan pemerintah dalam hal pengaturan, pengendalian dan analisis upah pekerja/karyawan.

Kegiatan Survei Upah ini dilaksanakan secara triwulanan yaitu Triwulan I bulan April, Triwulan II bulan Juli, Triwulan III bulan Oktober dan Triwulan IV bulan Januari setiap tahunnya.

 

4. Survei Struktur Upah

Survei ini diselenggarakan setiap tahun, dan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan lapangan Survei Upah Triwulan II.

Tujuan utama diselenggarakannya Survei Struktur Upah adalah untuk mendapatkan informasi/data statistic upah yang lebih rinci antara lain upah perjenis jabatan dan jenis kelamin, untuk

Pertumbuhan Ekonomi

Publikasi Kabupaten Terbaru

Pengunjung Online

We have 2 guests and no members online

Statistik Pengunjung

017490
Hari ini55
Kemarin72
Minggu ini273
Bulan Ini1708
Total17490
Pengunjung Online 2

Tautan